5 Kandungan Bahan Kosmetik Berbahaya didalam Lipstik ada disekitar Kita

kandungan lipstik berbahaya

deBeautyCare - Lipstik merupakan salah satu produk kosmetik yang wajib bagi setiap wanita. Benda kecil ini sangat bermanfaat untuk mengubah dan menyempurnakan penampilan kamu. Namun kamu juga perlu berhati-hati dalam membelinya karena kandungan bahan kosmetik berbahaya didalam lipstik bisa menyebabkan kulit bibir menjadi hitam hingga menyebabkan kanker mulut.

Kita sering melihat teman atau rekan kerja kita yang menggunakan lipstik dan justru membuat bibir mereka terlihat semakin hitam. Hal tersebut dimungkinkan kandungan dalam lipstik tersebut mengandung zat berbahaya sehingga dapat menyebabkan warna alami kulit bibir hilang! Efek negatif lainnya tentunya berhubungan dengan tubuh kita karena lipstik digunakan dibibir kita dan dapat tertelan sehingga dapat menjadi racun yang masuk ke dalam tumbuh. deBeautyCare akan memberikan kumpulan kandungan bahan kosmetik berbahaya didalam lipstik yang dirangkum dari artikel kesehatan dan kecantikan. Apa saja kandungan dalam lisptik yang berbahaya?

Methylparaben 
Methylparaben banyak dipakai pada berbagai produk kecantikan. Di Eropa bahan ini sudah dilarang digunakan karena telah terbukti dapat menyebabkan kanker dan sangat berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Merek kosmetik dengan kualitas rendah biasanya tidak terlalu mempermasalahkan bahan yang digunakan sehingga mereka sering kali tidak memberikan informasi atau persentasi bahan / kandungan didalam kosmetik mereka. Biasanya untuk menutupi banyaknya kandungan Methylparaben didalam kosmetik tersebut.

Pendapat beberapa pakar kecantikan lainnya menyebutkan bahwa kandungan Methylparaben dengan jumlah yang sangat kecil tidak membahayakan tergantung berapa persen bahan tersebut digunakan. Namun tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Propylparaben
Sama seperti halnya Methylparaben bahan ini telah termasuk kedalam kategori “Moderate Hazard” atau bahaya dengan tingkatan menengah menurut penilaian The Cosmetic Database. Bahan kosmetik berbahaya yang satu ini dapat menyebabkan iritasi pada kuli dan juga mata bahkan dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Dalam satu penelitian Propylparaben dapat menyebabkan gangguan pada hormon endokrin, penyakit kanker serta gangguan kulit lainnya.

Retinyl Palmitate
Retinyl Palmitate merupakan bahan sintesis dari vitamin A yang dapat menjadi racun mematikan bagi ibu hamil serta dapat menyebabkan keguguran bagi janinnya. Beberapa laporan telah diterima oleh The Cosmetics Database yang menandakan bahwa kandungan kosmetik ini sudah terbukti memiliki efek negatif yang berbahaya meskipun kurangnya bukti yang telah diekspos oleh korbannya. Namun telah ada beberapa korban yang melaporkan memiliki masalah kandungan hingga kanker setelah memakai kosmetik ini.

D&C Red 36 & D&C Red 22 Aluminum Lake
Kedua bahan ini adalah bahan pewarna yang banyak terdapat pada kosmetik kamu. D&C Red 36 mendapat kategori“Low Hazard” atau Bahaya Tingkat Rendah sementara D&C Red 22 Aluminium Lake dikategorikan sebagai “Moderate Hazard” atau Bahaya Tingkat Menengah oleh The Cosmetics Database. Kedua bahan ini seringkali dites pada binatang dan mulai menarik perhatian karena diduga terkait pada kerusakan sistem dan banyak permasalahan kesehatan yang lain.

Tocopheryl Acetate
Bahan ini juga dikenal sebagai bahan yang banyak digunakan dalam berbagai jenis produk, termasuk lipstik, pelembab dan foundation. The Cosmetics Database memasukkan bahan ini dalam kategori “Moderate Hazard” atau Bahaya Tingkat Menengah karena bahan ini dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam merah karena iritasi, kulit bersisik, bintik-bintik gatal dan melepuhnya kulit.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bahan-bahan yang terdapat dalam lipstik yang dapat membahayakan kesehatan dan kecantikan kita. Sebaiknya ketika membeli lipstik, kita lebih berhati-hati. Jangan lagi membeli produk bibir, tidak hanya lipstik saja, yang tidak original atau yang kualitasnya tidak terjamin. Hitung waktu pemakaian lipstikmu dan jangan memakainya melebihi jangka waktu yang tertera pada produk tersebut. Bila tidak ada, sebaiknya kamu berjaga-jaga agar pemakaian tidak melebihi 2 tahun atau segera buang apabila warna dan tekstur sudah mulai berubah. Karena meski bahan-bahan di atas aman dalam jumlah tertentu, apabila terjadi perubahan pada tekstur dan warna karena sudah terlalu lama, yang sedikit itu akan berubah jadi racun yang lebih berbahaya dari sifat aslinya yang sebenarnya sudah cukup berbahaya.

Semoga info ini berguna ya!

Komentar kamu?

0 Response to "5 Kandungan Bahan Kosmetik Berbahaya didalam Lipstik ada disekitar Kita"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan sopan dan tidak spam ya :)