Hiii didalam kosmetik ada air kencing dan kotoran tikus, merk apa saja?

sianida pada kosmetik berbahaya
Polisi telah menyita beberapa jenis produk kecantikan atau kosmetik berbahaya palsu yang telah terbukti menggunakan kotoran tikus, urin manusia serta zat berbahaya seperti arsenic. Salah satu produk tersebut seperti parfum, alat make up dan cream pemutih wajah juga beberapa kosmetik kecantikan lainnya. Kosmetik tersebut telah dilaporkan oleh kepolisian London beserta penangkapannya beberapa hari yang lalu.

Pada uji laboratorium setempat produk-produk tersebut telah positif menggunakan bahan atau kandungan kimia yang berbahaya sehingga tidak layak untuk digunakan manusia. Bahan lain yang ditemukan ternyata tidak hanya kotoran dan arsenic saja tetapi zat yang sudah lazim digunakan pada beberapa kosmetik berbahaya yaitu merkuri dan sianida juga didapati pada kandungan kosmetik tersebut. Pada dasarnya manfaat dari merkuri adalah untuk memutihkan wajah dengan cara yang instan, namun penggunaan merkuri sudah banyak dilarang karena dapat menyebabkan kanker pada kulit sehingga tidak termasuk dalam zat kosmetik yang aman. 
contoh kosmetik palus

Sedangkan sianida biasanya digunakan pada bidang pertanian, fotografi dan industry logam. Pelaku berdalih penambahan sianida merupakan salah satu tambahan mineral pada kosmetik tersebut, namun tentunya akan sangat berbahaya jika digunakan pada produk kecantikan. Menurut website http://www.bimbingan.org , sianida mengandung racun yang dapat menghambat enzim cythochrom oxidase yang terdapat pada kulit manusia serta juga dapat mempengaruhi perkembangan enzyme lainnya yang mungkin saja dapat berpengaruh buruk pada kesehatan kulit. Selain itu bahaya dari sianida juga mudah terhirup sehingga kandungannya akan dapat masuk ke saluran pencernaan dan kulit.

Polisi London tersebut juga telah memberikan peringatan kepada para pelaku pembuat produk kecantikan dan perawatan palsu yang dapat menimbulkan bahaya hingga kematian jika produk mereka digunakan oleh orang lain. Produk kecantikan yang telah dilakukan uji laboratorium ini juga dapat menyebabkan pembengkakan pada kulit, iritasi serta kemerehan hingga luka bakar dengan stadium ringan. BBC juga melansir bahwa pihak kepolisian inggris telah memperkirakan kurang lebih terdapat Rp. 1.89 Triliun yang dikeluarkan untuk membiayai produk-produk palsu ini. Sehingga jumlah yang telah diproduksi sudah sangat banyak dan tidak dapat dihitung peredarannya.

Produk kosmetik yang berbahaya ini sering kali diperjual belikan dengan harga yang sangat murah di internet, namun ada juga toko produk kosmetik online yang lebih memilih kualitas produk dibandingkan hanya mementingkan keuntungan semata. Selain itu beberapa supplyer kosmetik palsu seperti mascara, lip gloss dan alas bedak serta eyeliner juga ditemukan zat kimia arsenic, merkuri dan timbal dengan kadar yang lebih tinggi dari produk sebelumnya.

Semua bahan tersebut diatas sangatlah tidak aman dan dapat menyebabkan alergi pada kulit serta iritasi dan pembengkakan pada kulit adapun bahaya jangka kedepannya adalah dapat memicul sel kanker dan kematian. Salah seorang detektif Maria  W di Inggris juga telah menemukan beberapa korban yang disebabkan oleh penggunaan kosmetik berbahaya tersebut, sehingga pihak inggris telah menutup kurang lebih 5500 situs yang menjual kosmetik berbahaya tersebut secara online dan menyita produk palsu tersebut kurang lebih seharga Rp. 72 Triliun selama 1 tahun ini. Produk-produk tersebut didapati juga pada merek produk mewah yang berharga mahal sehingga banyak konsumen yang terpengaruh dengan manfaat dan harga yang ditawarkan yang begitu tinggi.
Salah seorang juru bicara kepolisian juga mengatakan penggunaan kosmetik palsu dan berbahaya ini tidak akan membuat Anda tampak cantik namun produk palsu ini akan berdampak sebaliknya pada wajah Anda. Sehingga Anda disarankan untuk menanyakan kandungan produk tersebut sebelum Anda benar-benar membelinya. Jangan mudah mempercayai penawaran yang menggiurkan tetapi anda juga harus meneliti kandungan kosmetik tersebut, imbuhnya.

Semoga dari berita ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam memilih produk, kamu juga bisa membaca tips kami mengenai cara memilih cream pemutih wajah untuk ibu hamil agar produk yang bunda pakai aman dan tidak membahayakan janin dan bayi tentunya.

Komentar kamu?

0 Response to "Hiii didalam kosmetik ada air kencing dan kotoran tikus, merk apa saja?"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan sopan dan tidak spam ya :)